TP1_ Cara Install Ubuntu 12.04

Ubuntu merupakan sistem operasi yang sangat terkenal dibawah nauangan LINUX, ubuntu sudah melewati beberapa versi karena merupakan  bagian dari Open Source.  Oleh karena itu, untuk menghindari pembajakan banyak dari kita para pengguna komputer menggunakan sistem operasi ini. Banyak dari mereka yang mengembangkan Ubuntu sehingga sudah memiliki banyak versi pada saat sekarang ini.

Adapun tahapan-tahapan penginstalan Sistem Operasi Ubuntu sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menginstall sistem operasi adalah menyediakan space untuk instalasi sistem operasi, jadi harus dipartisi dulu untuk tempat Ubuntunya. Selain itu kita harus memback up data-data penting. Tujuannya jika terjadi error pada saat penginstalan, data-data yang ada pada komputer kita tidak hilang.Dan klik Start -> lalu klik kanan Computer dan pilih Manage
  2. Selanjutnya, pilih Disk Management dan klik kanan pada Disk Lokal (C) lalu klik Shrink Volume.
  3. Tahap ini kita akan membuat ruang kosong untuk ubuntu, nah disini kita akan diberi kebebasan berapapun kita mau, dengan syarat perkiraan kita itu akan bisa menampung instalan dari sistem operasi tersebut. Setelah selesai mengaturnya, lalu klik Shrink. Seperti gambar dibawah ini :
  4. Setelah mengatur drive, restart komputer. Namun harus dipastikan CD/DVD Ubuntu sudah dimasukkan ke dalam CD/DVD Room. Lalu setting boot dari CD/DVD.
  5. Selanjutnya, pilih Something Else dan klik Continou
  6. Kemudian klik pada ruang kosong yang sudah kita buat tadi, dan klik Add untuk membuat ruang swap untuk SO Ubuntu.
  7. Lalu tentukan jumlah swap untuk membuat. Dan jangan lupa untuk memilih swap area. Klik Ok untuk selesai tahap ini. Jika kita tidak membuat swap lagi, maka ruang swap yang digunakan adalah swap yang ada, sehingga nantinya windows tidak bisa dibuka.
  8. Selanjutnya, klik Add lagi untuk membuat partisi Ubuntu dan menggunakan semua ruang bebas yang tersedia. Pastikan untuk memilih garis miring (/) sebagai mount point.
  9. Lalu, Centang filesystem ext4. Sebenarnya kita sudah berhasil untuk mengkonfigurasi aturan yang diperlukan sebelum mendualboot. Sekarang, kita lanjut menginstall Ubuntunya, klik Install Now
  10. Sistem Operasi Ubuntu pun akan bisa dinikmati setelah Instalasi semuanya sudah selesai. Selanjutnya, restart computer dana maka akan muncul tampilan berikut :

Tahap-tahap Instalasi Ubuntu 12.04 pun selesai, dan kita bisa menikmati fitur-fitur yang ada didalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s