Robot Taxi

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, menjadikan ide-ide yang munculpun semakin banyak. Para ahli teknologi berusaha menghadirkan sesuatu yang baru yang sangat canggih kegunaannya. Salah satunya yaitu robot taxi. Robot ini dimaksudkan untuk menjalankan tugasnya sebagaimana taxi-taxi yang ada saat ini. Bedanya kita tidak memerlukan jasa sopir lagi, melainkan sudah dikendalikan secara otomatis oleh robot. Seorang desainer industri Kubik Petr baru-baru ini menciptakan Robot Taxi.

Robot taxi ini hanya bisa ditumpangi oleh 2 orang, yang satu supirnya dan yang satunya lagi penumpang. Melihat bentuk taxi ini, penumpang tidak mungkin membawa barang terlalu banyak, karena hanya bisa ditaruh di bagian dalam kabin. Taksi ini hanya memiliki dua bagian saja, yaitu undercarriage dan kabin. Taksi ini memiliki dua motor elektrik yang terintegrasi ke dua roda.. Walaupun tanpa manusia, taxi ini bisa melaju sampai dengan 90 km per jam, dengan daya laju 20 jam untuk 1 kali pengisian batrai.

Cara kerjanya, kita sebagai penumpang tinggal memberikan alamat yang dituju pada sebuah layar sentuh yang ada di dalamnya, dan secara otomatis taxi akan langsung bergerak dan mengantarkan penumpang ke alamat tersebut. Cara pemesanan taxi ini cukup dengan menelepon ke operator taxi atau bisa juga dengan menggunakan pesan singkat, maka secara otomatis operator akan memberikan sinyal kepada taxi terdekat untuk menjemput penumpang yang sudah memesan.

Menurut saya, taxi ini belum bisa beroperasi secara bebas di masyarakat luas, dengan kelemahan yang dimilkinya membuat taxi ini akan sangat sulit diterima masyarakat.

  1. Dengan kapasitas penumpang yang sangat minim, membuat taxi ini akan sangat sulit mendapat perhatian masyarakat, sebaikny ukuran taxi diperbesar, sehingga banyak penumpang yang bisa dibawa.
  2. Secara teknis, kehabisan batrai akan menjadi kendala utama dalam antar jemput penumpang, sebaiknya taxi ini dilengkapi dengan sinyal laporan, agar operator bisa dengan cepat tahu kondisi taxi sekarang, apakah itu rusak, habis batrai atau yang lainnya.
  3. Sebaiknya robot yang berperan sebagai supir taxi merupakan robot yang bisa dikendalikan oleh pikiran manusia, sehingga robot tersebut dapat berkomunikasi langsung dengan operator, dan itu merupakan suatu keamanan yang terjamin. Seperti halnya robot-robot yang pernah ada.
  4. Melihat automatisasi yang ada, jika digunakan di negara kita yang sering mengalami kemacetan, sepertinya robot taxi ini benar-benar memiliki peluang kecil untuk dipasarkan, karena akan terjadi banyak kecelakaan jika taxi ini tetap berjalan. Sebaiknya robot taxi ini dilengkapi dengan sensor. Sensor yang dapat medeteksi keberadaan benda-benda disekitarnya, baik itu kendaraan maupun manusia. Sehingga jika robot ini dalam jarak berapa meter bertemu dengan suatu benda, maka dia akan berhenti secara otomatis.

Itulah Robot Taxi yang sekarang masih dalam tahap pengembangan, semoga saja dapat bermanfaat dan tidak merugikan manusia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s